Header Ads

Header ADS

Payudara Nyeri Sebelah Kiri, Hati-hati dengan 7 Penyakit Ini




Payudara ngilu samping kiri tidak selalu jadi tanda-tanda kanker. Payudara ngilu samping kiri dapat jadi tanda-tanda ada situasi klinis yang sedang diderita wanita. Tidak selalu kanker atau penyakit serangan jantung, ada banyak penyakit lain yang dapat mengakibatkan payudara ngilu samping kiri.

Beberapa penyakit dapat berbentuk mudah, tetapi ada pula yang serius serta membutuhkan perawatan klinis selekasnya. Untuk hindari beberapa hal yang tidak diharapkan, penting buat kaum wanita ketahui pemicu payudara ngilu samping kiri ini.

Payudara ngilu samping kiri, apakah yang mengakibatkannya?Sisi kiri badan di dekat payudara jadi "rumah" dari jumlahnya organ badan penting, termasuk juga jantung, pankreas, lambung, usus besar, paru-paru, sampai ginjal.

Saat wanita merasai payudara ngilu samping kiri, dapat jadi pemicunya terkait dengan beberapa jenis organ penting yang sudah disebut di atas.

Perlu untuk diketahui letak timbulnya rasa ngilu itu, betul dari payudara atau dibagian bawah payudara.

Beberapa pemicu payudara ngilu samping kiri ini dapat berbentuk mudah, tetapi juga bisa serius. Untuk ketahui penyembuhan terbaik, dokter perlu mendapatkan pemicu ngilu itu. Di bawah ini peluangnya.

1. Gempuran jantungTenang, payudara ngilu samping kiri tidak selama-lamanya mengisyaratkan penyakit serangan jantung. Tetapi, penyakit serangan jantung jadi salah satunya peluang yang dapat mengakibatkan payudara ngilu samping kiri. Karena, jantung memang terdapat dibagian kiri badan, di dekat payudara.

Bila tanda-tanda seperti sesak napas, mual, muntah-muntah, rasa lemas, serta merasa tidak nyaman tampil di lengan sampai menyebar rahang, dapat jadi itu pertanda penyakit serangan jantung.

Saat merasai payudara ngilu samping kiri dan tanda-tanda penyakit serangan jantung di atas, Anda harus selekasnya tiba ke rumah sakit untuk minta pertolongan.

2. PerikarditisPerikarditis ialah infeksi pada perikardium (membran dua lapis yang melingkari sisi terluar jantung). Rasa ngilu akan tiba di bagian dada samping kiri bila membran yang mengalami iritasi bersinggungan dengan jantung. Pemicunya berbagai macam, dari mulai penyakit autoimun, infeksi, penyakit serangan jantung, sampai luka di dada.

Tanda-tandanya adalah rasa ngilu yang tajam dibagian dada. Rasa sakitnya dapat makin kronis waktu Anda sedang merebahkan badan, batuk, atau menelan makanan. Disamping itu, rasa nyerinya bisa menebar ke ruang punggung, pundak, serta leher.

Sebab perikarditis berefek pada jantung, karena itu penyakit ini dapat juga jadi pemicu payudara ngilu samping kiri. Jangan percuma lagi, selekasnya tiba ke rumah sakit saat merasai tanda-tanda perikarditis di atas.

3. Precordial catch syndrome
Payudara ngilu samping kiriPrecordial catch syndrome atau PCS ialah rasa ngilu pada dada yang disebabkan oleh terjepitnya saraf dinding dada. PCS seringkali berlangsung pada anak kecil serta remaja.

PCS bisa disebabkan oleh bentuk badan yang kurang baik atau luka dada. Meskipun tanda-tandanya seperti penyakit serangan jantung, PCS ialah situasi klinis yang tidak serius serta dapat pulih sendirinya. 

Tanda-tandanya berbentuk rasa ngilu dibagian dada kiri, rasakan sakit yang makin kronis waktu menarik napas dalam, sampai demam. Biasanya, dokter akan memberi resep obat penurun ngilu seperti acetaminophen.

4. PleurisiPleurisi atau pleuritis ialah situasi klinis yang dikarenakan oleh infeksi membran yang membuat perlindungan paru-paru serta susunan rongga dada. Pemicunya dapat berbentuk infeksi virus, seperti flu biasa atau pneumonia.

Tanda-tandanya berbagai macam, dapat rasa ngilu yang ada waktu bernapas, atau napas yang terengah-engah.

Tutorial Sabung Ayam Secara Online

Pleurisi dapat juga jadi pemicu payudara ngilu samping kiri. Bila ada beberapa gejala pleurisi yang Anda alami, sebaiknya masih tenang serta memeriksa diri dokter.

5. CostochondritisCostochondritis ialah infeksi pada tulang riskan yang menghubungkan tulang rusuk ke tulang dada. Situasi ini seringkali dirasa oleh wanita, khususnya yang berumur 40 tahun ke atas.

Payudara ngilu samping kiri jadi tanda-tanda costochondritis yang umum. Costochondritis dapat disebabkan oleh luka tulang rusuk, seringkali mengusung benda berat, sampai radang sendi.

Rasa ngilu yang disebabkan costochondritis dapat berasa semakin sakit waktu batuk atau bersin. Biasanya dokter akan memberi obat penurun ngilu atau steroid.

6. GastritisPenyebab payudara ngilu samping kiri tidak selalu datang dari jantung atau paru-paru. Dapat jadi, gastritis atau penyakit radang lambung yang mengakibatkannya.

Karena, lambung ada dibagian badan samping kiri. Waktu lambung alami infeksi karena makanan pedas atau penyimpangan alkohol, karena itu rasakan sakit dapat ada.

Tanda-tanda gastritis berbentuk mual, muntah, berasa kenyang (kembung), sampai rasa ngilu dibagian kiri atas badan.

7. Heartburn (ngilu ulu hati)Ketika asam lambung mulai mengurangi susunan kerongkongan, akan ada sensasi rasa seperti terbakar serta ngilu di tenggorokan serta sisi dada samping kiri. Salah satunya peluang pemicu payudara ngilu samping kiri ini sering disalahartikan untuk sinyal penyakit serangan jantung.

Payudara ngilu samping kiri waktu hamil
Payudara ngilu samping kiriPayudara ngilu samping kiri dapat juga berlangsung waktu wanita sedang hamil. Karena, desakan dapat ada waktu badan janin makin jadi membesar.

Serta, pergerakan bayi seperti menyepak-nendang dapat juga mengakibatkan payudara ngilu samping kiri. Rasa ngilu itu dapat makin kronis waktu badan si ibu cenderung ke depan.

Otot serta jaringan badan juga dapat merenggang waktu badan bayi mulai jadi membesar di rahim. Ini dapat juga memunculkan rasa ngilu di payudara, khususnya dibagian bawah.

Kapan harus ke dokter?Payudara ngilu samping kiri ialah situasi klinis yang dapat memunculkan beberapa pertanyaan buat wanita, diantaranya tentang keutamaan memeriksa diri ke dokter.

Menurut medical editor SehatQ, dr. Karlina Lestari, pemicu payudara ngilu samping kiri memang berbagai macam. "Yang penting dicemaskan ialah, bila rasa ngilu pada dada kiri itu menyebar sampai ke rahang serta lengan," tuturnya.

Anda harus juga siaga saat merasai ngilu seperti terkena beban berat, serta berasa sesak. Karena, situasi ini dapat mengisyaratkan penyakit serangan jantung. Pada keadaan ini, Sebaiknya anda langsung berkunjung ke dokter. Bila perlu, meminta orang paling dekat untuk mengikuti.

Disamping itu, bila beberapa ini berlangsung waktu payudara ngilu samping kiri, hadirlah ke dokter untuk minta pertolongan:

Sesak atau desakan di dada, khususnya jika Anda mempunyai kisah penyakit jantung

Rasa ngilu di dada yang dibarengi keringat, mual, serta sesak napas

Susah bernapas

Luka pada dada

Perkembangan pada tinja, seperti ada darah, berwarna hitam, serta berminyak

Rasakan sakit pada dada yang tidak segera lebih baik walaupun telah istirahat

Rasakan sakit yang menyebar ke anggota badan yang lain

Bila gejala-gejala di atas berlangsung, jangan percuma lagi serta selekasnya tiba ke dokter untuk hindari beberapa hal yang tidak diharapkan.

[[artikel-terkait]]

Catatan dari SehatQ:Payudara ngilu samping kiri bukan situasi klinis yang bisa disepelekan. Mengingat pemicunya dapat jadi berbentuk penyakit membahayakan, kontrollah diri ke dokter yang dapat menganalisis pemicu payudara ngilu samping kiri.

Bila sudah tahu pemicunya, jadi lebih gampang buat dokter untuk memberi perawatan yang pas.
Diberdayakan oleh Blogger.